Jauhi Kesedihan

1
(1)

Imam Ibnu qayyim berkata:
“Kesedihan tidak terdapat di dalam al quran, kecuali pencegahan terhadapnya, seperti firman Allah (وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا )  atau pengingkaran seperti firman Allah (وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ)”

Hal tersebut karena setan sangat suka membuat seorang mukmin bersedih, agar mematahkannya dari jalannya dan memberhentikannya dari perilakunya.
Dan Nabi shallallahu alaihi wasallam telah meminta perlindungan dari Allah akan hal ini, beliau berkata:
(اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ)
Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan.”

Imam Ibnu Qayyim berkata:
“Kesedihan itu melemahkan hati, melemahkan tekad, dan membahayakan keinginan. Tidak ada yang lebih disukai setan daripada kesedihannya orang mukmin.”

Oleh karena itu, berbahagialah kalian, bergembiralah kalian, beroptimislah kalian, berbaik sangkalah kalian dengan Allah, percayalah terhadap apa yang di sisi Allah, dan bertawakkallah; maka kalian akan mendapatkan kesenangan, kerelaan dalam setiap keadaan…..

Imam Ibnu Qayyim berkata:
“Janganlah kamu hancurkan kebahagiaanmu dengan kekhawatiran, dan jangan hancurkan akalmu dengan sifat pesimis, dan jangan hancurkan keberhasilanmu dengan kesombongan, dan jangan hancurkan optimisme orang lain dengan membuat mereka putus asa, dan jangan pula hancurkan harimu dengan melihat ke yang telah lampau. Kalau saja kamu mau berfikir tentang keadaanmu, niscaya kamu akan mendapatkan pemberian Allah yang tidak kamu minta; maka percayalah, bahwasanya Allah bukan melarangmu dari keinginan-keinginanmu kecuali memang larangan yang baik untukmu.

Boleh jadi ketika kamu tertidur maka pintu langit terketuk dengan banyaknya doa untukmu, dari seorang faqir yang kamu tolong, atau seorang yang sedih yang kamu bahagiakan, atau seorang yang gundah yang kamu buat tersenyum, atau orang yang menderita yang kamu ringankan bebanya…
Maka jangan menganggap remeh perbuatan baik selamanya.

Klik pada bintang untuk memberikan penilaian

Rating rata-rata 1 / 5. Jumlah suara: 1

Apabila anda menganggap artikel ini bermanfaat...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf apabila artikel ini tidak bermanfaat untuk anda!

Bantu kami meningkatkan mutu artikel!

Berikan masukan anda untuk perbaikan artikel ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *